Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

@ Cara Membuat Sensor Warna @


http://www.electronic-circuits-diagrams.com/sensorsimages/3.gif

Sensor Warna merupakan proyek yang menarik untuk penggemar. CIR-cuit bisa merasakan delapan warna, yakni biru, hijau dan merah (warna primer), magenta, kuning dan cyan (warna sekunder), dan hitam dan putih. Rangkaian ini didasarkan pada dasar-dasar optik dan elektronik digital. Obyek yang warnanya diperlukan untuk dideteksi harus ditempatkan di depan sistem. Sinar cahaya yang dipantulkan dari objek akan jatuh pada tiga lensa cembung yang tetap di depan tiga LDR. Lensa cembung digunakan untuk berkumpul sinar cahaya. Ini membantu untuk meningkatkan sensitivitas LDR. Biru, hijau dan merah pelat kaca (filter) adalah tetap di depan LDR1, LDR2 dan LDR3 masing-masing. Ketika tercermin sinar cahaya dari objek jatuh pada gadget, piring berwarna filter glass menentukan mana dari LDR akan mendapatkan dipicu. Sirkuit ini menggunakan gerbang hanya DAN gerbang dan TIDAK.


Ketika sinar cahaya berwarna primer jatuh pada sistem, pelat kaca yang sesuai dengan warna dasar akan memungkinkan bahwa cahaya khusus untuk melewati. Tapi lempeng dua kaca lainnya tidak akan membiarkan cahaya melewatinya. Jadi hanya satu LDR akan mendapatkan dipicu dan output gerbang yang sesuai dengan LDR akan menjadi logika 1 untuk menunjukkan warna itu. Demikian pula, ketika sinar cahaya berwarna sekunder jatuh pada sistem, dua pelat kaca utama Korespon-genangan dengan warna campuran akan memungkinkan cahaya yang melewati sementara satu yang tersisa tidak akan mengizinkan sinar cahaya untuk melewatinya. Akibatnya dua LDRs mendapatkan dipicu dan output gerbang sesuai dengan ini akan menjadi logika 1 dan menunjukkan yang warna itu.
Ketika semua LDRs mendapatkan dipicu atau tetap untriggered, Anda akan melihat putih dan hitam indikasi cahaya masing-masing. Poin-poin berikut dapat diperhatikan dengan cermat:
1. Potmeters VR1, VR2 dan VR3 dapat digunakan untuk mengatur sensitivitas LDR.
2. Ujung umum dari LDR harus dihubungkan ke suplai positif.
3. Gunakan filter kualitas cahaya yang baik.
LDR ini mounded dalam tabung, di belakang lensa, dan ditujukan untuk objek. Berwarna Filter kaca harus tetap di depan LDR seperti yang ditunjukkan pada gambar. Membuat tiga semacam itu dan memperbaikinya dalam kasus yang sesuai. Penyesuaian yang kritis dan kinerja gadget akan tergantung pada fabrikasi yang tepat dan penggunaan filter yang benar serta kondisi cahaya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar